Cara Remote Client dengan Remote Dekstop Connection pada Jaringan Client Server

Remote Desktop adalah salah satu aplikasi remote akses yang dapat memonitor kegiatan orang lain atau memonitor sebuah kinerja server dari jarak jauh. Menurut wikipedia remote desktop adalah salah satu fitur yang terdapat di dalam sistem operasi Microsoft Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, dan Windows Server 2008, yang mengizinkan penggunanya untuk terkoneksi ke sebuah mesin jarak jauh seolah-olah mereka duduk di depan mesin yang bersangkutan. Remote Desktop menggunakan protokol Remote Desktop Protocol (RDP), dan secara default berjalan di TCP port 338

Berikut adalah tutorial bagaimana cara meremote dekstop client dengan menggunakan remote dekstop connection pada jaringan client server.

1. Untuk membuat agar komputer client bisa diremote oleh komputer server, tahap awal pada komputer client membuat username dan password. cara nya klik Start > Control panel > User Account. ( Pastikan kedua komputer sudah terhubung).


2. Klik Create new password account.


3. Masukkan username dan password,(untuk password hint boleh untuk tidak diisi).


4. Lalu baru masuk ke tahap Remote Dekstop Connection yaitu klik Start > Control panel > System.


5. Klik pada Change settings, maka akan keluar tab System properties. pilih pada Remot, centangkan pada Allow remote assistance connection to this computer dan Allow connections from this computer running any versions of remote dekstop.


6. Setelah selesai dikonfigurasi pada komputer client baru buka komputer server. Lalu tekan Window + R, ketik "mstsc", maka akan keluar Remote Dekstop Connection.
7. Masukkan IP address dari komputer client, Username dan centangkan pada Always ask for crenditials. Klik Connect.


8. Masukkan password. dan klik ok.


Nah secara otomatis akan keluar tampilan dari komputer client.

Sekian, Semoga bermanfaat..
Tetap Senyum :)


Sumber: Zainul Muttaqin
Sekolah: SMKN 1 Aceh Barat Daya
Peserta Magang di Binatika Aceh