Membuat Jaringan Client Server pada Cisco Packet Tracer

Oke sekarang kita akan membuat sebuah Jaringan Client Server pada Cisco packet tracer.

1. Pastikan dilaptop kalian sudah terinstall Cisco Packet Tracer.
2. Buka dan jalankan aplikasi.
3. Buatlah 1 Server, 4 switch(1 switch terhubung ke server, juga memiliki 2 komputer terhubung dan 3 switch terhubung ke switch yang terhubung ke server yang masing-masing memiliki 6 komputer. bisa dilihat seperti gambar dibawah).


4. Nah, untuk memberikan IP address masing-maing komputer kita harus mengkonfigurasi nya satu-satu, tapi saya disini saya saya menggunakan IP dinamis yang tidak perlu mengkonfigurasi satu persatu pada setiap komputer.
5. Cara nya yaitu pertama buat IP address untuk server dulu, klik pada server, lalu pilih dekstop, klik pada IP configuration dan masukkan IP nya. untuk IP terserah mau menggunakan kelas A, B maupun C. disini saya menggunakan IP class C(192.168.1.1).


6. Selanjutnya baru kita setting IP dinamis, yaitu pilih pada service dan pilih DHCP. centangkan "ON" . dan pada Start IP address nya , Angka terakhir nya kita ubah dimana berfungsi untuk memulai IP address untuk komputer client. dan klik Save.


7. Lalu untuk mengecek apakah IP nya sudah masuk ke komputer client, klik pada computer lalu pilih dekstop, klik pada IP configuration dan centangkan pada DHCP. maka akan secara otomatis akan masuk IP ke computer client.


8. lakukan hal yang sama ke seluruh computer.
9. Lakukan tes ping untuk mengecek apakah computer sudah terhubung ke server. yaitu pertama klik pada server , lalu pilih dekstop dan klik pada command phrompht. ketik " ping (masukkan IP csalah satu dari client)". seperti "ping 192.168.1.2".


10. Selanjutnya lakukan tes ping dari komputer client ke komputer server. yaitu klik pada computer client lalu pilih dekstop dan klik pada command prompht. ketik "ping 192.168.1.1".


Sekian, Semoga bermanfaat..
Tetap Senyum :)


Sumber: Zainul Muttaqin
Sekolah: SMKN 1 Aceh Barat Daya
Peserta Magang di Binatika Aceh